Cara Untuk Gagal Dalam Pemilihan Erp

Warta OTO Merupakan media online berita otomotif terkini dalam dan luar negeri mengenai highlight, informasi, event, modifikasi, konsultasi, komunitas, review dan foto yang terpercaya

Cara terbaik untuk gagal pada implementasi Enterprise Resource Planning (ERP) adalah memilih perangkat lunak yang salah di muka. Memilih perangkat lunak tanpa mengikuti beberapa pedoman dasar adalah metode pasti untuk bencana. Mungkin hal terburuk yang dilakukan seseorang (yang kita tahu), adalah membeli perangkat lunak ERP mereka di pameran dagang, berpikir itu akan menjadi cara yang murah dan mudah untuk menyelesaikan masalah mereka. Mereka akhirnya menghabiskan lebih dari yang mereka harapkan dalam menemukan cara untuk memaksa perangkat lunak ke dalam bisnis mereka.

Di bawah ini adalah beberapa cara yang akan membuat Anda gagal di pilihan Anda. Dengan kata lain, mereka adalah cara yang dapat Anda pastikan bahwa Anda akan memilih sistem yang salah untuk perusahaan Anda.

1. Pilih perangkat lunak ERP tanpa memahami kebutuhan Anda. – Pertama, Anda harus memastikan bahwa Anda mendapatkan yang terbaik untuk perusahaan Anda dengan mendokumentasikan kebutuhan Anda. Persyaratan harus mencakup aspek strategis, pelaporan, fungsional, dan teknis dari apa yang diperlukan perusahaan Anda untuk menjalankan bisnis. Memilih perangkat lunak tanpa ini didokumentasikan dan tanpa menggunakannya sebagai tolok ukur untuk membandingkan perangkat lunak terhadap adalah strategi untuk masalah.

2. Pilih perangkat lunak ERP tanpa memperhatikan proses bisnis. – Ada beberapa cara tertentu dalam menjalankan bisnis Anda. Tidak semua dari mereka adalah ilmu roket, tetapi ada beberapa hal yang membuat perusahaan Anda unik dan sukses. Memilih perangkat lunak tanpa memahami bagaimana hal-hal mengalir di perusahaan Anda akan menciptakan masalah besar dalam implementasi ketika perangkat lunak memproses informasi yang bertentangan dengan bagaimana Anda menjalankan bisnis Anda.

3. Pilih perangkat lunak ERP karena Teman / Tetangga / Relatif Anda menggunakannya dengan sukses di perusahaan mereka. – Skenario mimpi buruk lain yang sebenarnya terjadi adalah bahwa pembuat keputusan telah membeli perangkat lunak karena ____ mereka (isi yang kosong) telah menggunakannya dan itu bekerja sangat baik di perusahaan itu

Perusahaan itu bukan perusahaan Anda. Di permukaan mereka mungkin tampak serupa, tetapi hanya karena satu perusahaan berjalan dengan baik pada sistem ERP tidak berarti Anda akan melakukannya. Anda mungkin memiliki proses khusus untuk mengeluarkan barang-barang Anda. Perangkat lunak mungkin tidak mendukung metode itu. Mungkin ada beberapa informasi yang harus Anda miliki karena persyaratan keuangan, peraturan, atau rantai pasokan
Perusahaan lain mungkin tidak memiliki masalah itu. Mungkin Anda perlu melacak nomor lot dan perusahaan _____ tidak. Ada terlalu banyak masalah bisnis yang dapat membuat kekacauan dalam sistem informasi, jika sistem tidak dengan hati-hati cocok dengan persyaratan (lihat # 1).

4. Tidak memiliki vendor ERP membuktikan bahwa itu akan mendukung proses bisnis Anda. – Vendor ERP memiliki satu tujuan. Jual perangkat lunak kepada Anda. Apakah mereka peduli jika cocok, dapat berhasil menjalankan bisnis Anda, atau bahkan jika itu akan menjadi beban besar bagi staf Anda? Tidak juga

Bahkan, jika Anda membeli perangkat lunak yang membutuhkan banyak perawatan dan pemberian makan karena itu tidak cocok, maka vendor adalah orang yang mendukungnya dan membuat aliran pendapatan yang lumayan dari perusahaan Anda. Dapatkan vendor untuk menunjukkan bahwa ia memenuhi persyaratan Anda dan dapat bertransaksi informasi dalam metode yang selaras dengan proses bisnis Anda.

5. Memilih perangkat lunak ERP karena terlihat keren. – Anda mungkin menertawakan yang satu ini, tetapi antarmuka pengguna adalah titik penjualan yang seksi dari banyak sistem. Apakah layar hijau tua polos sama bagusnya dengan layar Windows ™ yang benar-benar berwarna? Mungkin tidak, tetapi apakah sistem berbasis Windows ™ benar-benar mengatasi masalah Anda? Tujuan Anda harus menyelaraskan sistem perspektif dengan kebutuhan bisnis Anda. Jika ia hadir dengan antarmuka yang keren hebat, jika tidak, dapatkah Anda hidup dengan itu?

6. Biarkan vendor ERP memberi tahu Anda apa yang perlu Anda lakukan. – Terkait dengan nomor 4 di atas, memiliki vendor ERP memandu Anda dalam pilihan Anda adalah peta jalan ke neraka. Anda perlu membimbing mereka. Beri tahu mereka apa yang Anda inginkan dan harapkan. Terlalu banyak kali vendor tunggal mendapatkan kepercayaan dan kepercayaan dari pembuat keputusan dan membimbing mereka ke sistem tertentu, tanpa khawatir seberapa dekat pertandingan dengan persyaratan dan proses bisnis.

7. Ambil tawaran pertama vendor ERP tanpa negosiasi. – Anda biasanya dapat bernegosiasi dengan vendor beberapa kali dan mendapatkan harga yang lebih dari wajar. Tetapi kuncinya adalah mengikuti taktik negosiasi yang baik. Jangan lupa bahwa kebanyakan semuanya bisa dinegosiasikan. Perangkat lunak, layanan, pemeliharaan, pemilihan waktu, dll. Dalam industri ERP, waktu terbaik untuk membeli perangkat lunak adalah pada kuartal atau akhir tahun sesuai dengan kalender keuangan vendor.

Hal utama yang harus dipahami adalah bahwa ada jalan yang dapat menuntun Anda menuju kesuksesan dan banyak jalan menuju kegagalan. Kenalilah dirimu terlebih dahulu. Pahami bisnis Anda dan dokumentasikan. Tidaklah cukup untuk berpikir bahwa Anda tahu itu. Bicaralah dengan semua level pengguna dan manajer. Pastikan bahwa kebutuhan setiap orang ditentukan dan prioritas diberikan pada kebutuhan tersebut

Jika Anda tidak yakin memilih investasi besar seperti ERP, maka dapatkan bantuan dari luar dari konsultan yang tidak bias terhadap sistem dan dapat memandu Anda. Berhati-hatilah dengan bantuan dari perusahaan yang memiliki praktik SAP, atau praktik Oracle, dll. Mereka memiliki motivasi internal untuk membantu Anda memilih citarasa perangkat lunak mereka.

Yang terpenting, pahamilah bahwa Anda perlu menjalankan prosesnya. Ini adalah pilihan Anda dan Anda harus hidup dengan hasilnya. Seperti yang dikatakan oleh manajer proyek yang baik, mulailah dengan tujuan. Apa yang Anda ingin sistem lakukan untuk perusahaan Anda sekarang dan dalam tujuh tahun dari sekarang? Pahami ini dan maju dalam memilih sistem Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *