Uncategorized

Psikologi dan Spiritualitas

Ketika seseorang mendengar bahwa saya adalah seorang doktor psikologi transpersonal, mereka bertanya: “Apa itu?” Jadi saya memberi tahu mereka bahwa psikologi transpersonal meluas ke studi kesadaran. Saya memberi tahu mereka bahwa ini menggabungkan metode dan prinsip psikologi Barat dengan disiplin kesadaran dan transformasi yang ditemukan di jalan meditatif, mistik, dan perdukunan.

TP adalah psikologi potensi manusia. Dan saya suka itu. Ia melihat masalah psikologis sebagai hadiah yang muncul ke permukaan untuk dipahami dan diubah dengan mengalami kesadaran yang lebih besar, yang kemudian mengarah pada lebih banyak kebebasan dan kebahagiaan.

Ini terlihat pada kata-kata, kreativitas, aktualisasi diri, pengalaman puncak, dan tindakan pribadi dari mereka yang melampaui kepribadian “biasa” – pikirkan Psikologi Trading seniman, pahlawan, dan filsuf hebat. Mereka sebenarnya adalah model perkembangan manusia seutuhnya. Jadi, alih-alih mendefinisikan Anda sebagai orang yang pada dasarnya neurotik (terima kasih Woody Allen), psikologi transpersonal melihat Anda terlibat dalam proses pengembangan menuju kemanusiaan penuh. Lebih baik. Dan itu mencakup seluruh pengalaman manusia, dari perilaku abnormal hingga fungsi normal yang sehat, hingga kesadaran spiritual dan transenden.

Ini mengakui bahwa Anda mampu mencapai dan hidup dalam kondisi kesadaran intuitif, spiritual, dan transenden. Dan Anda. Ini tentang melampaui, dan Jasa Konseling melampaui biografi seseorang, perasaan pribadi seseorang., Cerita seseorang. Pada dasarnya, TP berarti ‘di luar pribadi’, dan itu berarti studi tentang pengalaman manusia yang luar biasa. Ya, itu berarti mempelajari Anda.

Psikoterapi transpersonal tidak melihat kepribadian manusia sebagai tujuan itu sendiri. Sejarah pribadi, ciri-ciri kepribadian, kecenderungan, dan atribut dilihat hanya sebagai kulit yang menutupi esensi transpersonal Anda. Kepribadian dipandang sebagai kendaraan yang memungkinkan jiwa menavigasi dunia. Dengan demikian, peran kepribadian yang tepat adalah menjadi jendela yang tembus cahaya. Saya sangat suka itu.

Definisi paling sederhana yang sering saya katakan adalah bahwa itu adalah psikologi spiritual. Itu masuk akal bagi banyak orang. Namun ini bukan spiritualitas-ringan. Ia mengakui bahwa umat manusia memiliki dorongan menuju seks dan agresi serta dorongan menuju keutuhan, menuju hubungan dengan yang ilahi. Ini menggabungkan pengetahuan dari semua tradisi spiritual di seluruh dunia dengan studi psikologi.

TP juga dikenal sebagai kekuatan keempat dalam psikologi, artinya berada di garda terdepan bidang studi psikologi karena mencakup hikmah dari tiga kekuatan pertama (psikologi perilaku, psikoanalitik dan humanistik) dan kemudian menambahkan lebih banyak lagi.

Apa kekuatan ini? Mereka mulai dengan individu yang belum mencapai identitas yang kuat, atau hubungan sejati dengan makhluk lain. Kita mungkin menyebut orang-orang ini psikotik, misalnya.

Tahap perkembangan selanjutnya adalah untuk mereka yang memiliki rasa diri yang tidak stabil, dan hubungan yang tidak stabil dengan orang lain. Kami mungkin menggunakan istilah seperti gangguan kepribadian ambang, misalnya.

Status ketiga adalah untuk mereka yang memiliki rasa identitas yang kuat dan hubungan yang jelas, yang disebut normals.

Tapi di sinilah ia meluas lebih jauh dengan menunjuk ke tahap lebih lanjut dari perkembangan manusia, di mana ada perluasan dari kepribadian seseorang, dan pengakuan orang lain, ke individu yang menyadari keadaan hubungan kesatuan dan sifat relatif dari realitas – keadaan kesadaran yang diperoleh meditator yang konsisten, misalnya.

TP mengenali dan mempelajari berbagai kondisi kesadaran. Dan itu menarik bagi saya. Ia mengakui bahwa keadaan yang berbeda seperti bermimpi, trans hipnotis, meditasi dan kesadaran bangun semuanya memiliki sub-level di dalam diri mereka sendiri dan memiliki sistem khusus keadaan mereka sendiri dan dengan demikian realitas mereka sendiri. Dengan kata lain, Anda mungkin masuk dan keluar dari keadaan ini pada siang hari, tetapi ada juga tahapan kesadaran yang, melalui perkembangan, Anda dapat memilih untuk hidup secara relatif permanen.

Jadi, itu juga psikologi mendalam. Dan di sinilah hal itu menjadi menarik bagi saya. Metode transpersonal seperti meditasi memungkinkan Anda mengakses potensi Anda yang lebih dalam dengan menggunakan kondisi kesadaran yang tidak biasa.

Dan karena itu, ini dapat digunakan secara efektif untuk menyembuhkan penindasan bagian-bagian diri Anda yang tidak terekspresikan, masalah hubungan Anda, transisi hidup utama, dan penyakit fisik, sementara pada saat yang sama dapat digunakan secara efektif dalam masalah pertumbuhan pribadi seperti kreativitas, motivasi. , dan tujuan.

Leave a Comment